Sejarah Hari Buruh Dunia 1 Mei



Setiap tanggal1 Mei, di Indonesia diperingatiHari Buruh Nasional, harinya kaum pekerja di seluruh penjuru negeri ini. Nah, pada tanggal 1 Mei 2014, para pekerja di Indonesia akan bersama-sama memperingati Hari Buruh Nasional Sedunia.

Inilah salah satu moment besar bagi kaum buruh di tanah air untuk memperjuangkan hak-haknya. Tanggal 1 Mei juga menjadi hari akbar untuk kaum pekerja di seluruh penjuru dunia dan diperingati sebagai Hari Buruh Internasional Sedunia atau May Day.

Peringatan hari buruh dimaksudkan sebagai upaya perjuangan sekaligus perayaan keberhasilan ekonomi para pekerja di seluruh dunia. Di tanah air, peringatan hari buruh sebenarnya sudah dilakukan sejak jauh sebelum Indonesia merdeka.

Tahun 1920, di mana saat itu wilayah Indonesia masih berada di dalam kekuasaan pemerintah kolonial Hindia Belanda, sejumlah aktivis pergerakan telah mulai merayakan hari buruh kendati di bawah pengawasan ketat aparat kolonial. Akan tetapi, sejak era Orde Baru, peringatan hari buruh di Indonesia tidak boleh dilakukan.

Pasalnya, gerakan kaum buruh oleh rezim Soeharto kerap diidentikkan dengan paham komunis yang sangat terlarang pada masa itu. Baru setelah kekuasaan Orde Baru runtuh pada 1998, kaum pekerja di Indonesia kembali boleh merayakan Hari Buruh Nasional hingga saat ini.

Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 2013 menetapkan hari libur nasional pada setiap tanggal 1 Mei atau ketika perayaan hari buruh. Saban tanggal 1 Mei inilah jutaan orang di tanah air merayakan Hari Buruh Nasional dengan menggelar berbagai macam aksi sebagai bentuk perjuangan demi perbaikan nasib kaum pekerja di Indonesia.

Selamat Hari Buruh Nasional!

0 Response to "Sejarah Hari Buruh Dunia 1 Mei"