Pengertian Offside Di Pertandingan Sepak Bola

Sebagai pencinta sebak bola pastinya kata offside sudah tidak asing lagi dan bahkan untuk penggila bola arti ini sangatlah lekat ditelinga ketika sedang menyaksikan pertandingan sepak bola.
Khusus sebagian orang yang awam mengenal olah raga sepak bola pasti akan bingung ketika komentator sepak bola bilang dan teriak offside dan pertandingan pun dihentikan sejenak.

Pengertian offiside sebenarnya berartikan posisi dimana seorang pemain lawan berada lebih dekat ke gawang dari musuh pemain lawan yang dihadapi, contohnya kita berhadapan langsung dengan kiper lawan namun posisi kita belum membawa bola dan pemain belakang lawan berada di belakang kita dan jika teman kita memberikan bola maka terjadilah offside yang mengakibatkan bola mati dan harus dilakukan tendangan bebas oleh pemain lawan.

Untuk lebih jelasnya tentang pengertian offside simak gambar dibawah ini:

Keterangan:
Biru untuk club 1
Merah untuk club 2
Putih untuk bola

1. Posisi sebelum terjadinya offside


2. Pemain tim biru membawa bola dan di umpan pada temannya yang berada tepat di depan kiper lawan


3. Wasit hakim garis meniup peluit akan terjadinya pelanggaran kesalahan permainan


Dalam kasus seperti ini wasit akan memberikan tendangan bebas untuk pemain merah dan pertandinganpun dilanjutkan.

6 Responses to "Pengertian Offside Di Pertandingan Sepak Bola"

  1. Ini nih yang bikin sepakbola jadi nggak nikmat lagi asyik asyik nyerang ofside lagi

    ReplyDelete
  2. kadang wasit kurang jelih, suka tidak menganggap offside.
    Taktik offside banyak dipakai untuk bermain bola

    ReplyDelete
  3. Kalo yang dioper diem (ga ngejar bola), ga jadi offside. Aturan ini sering dimanfaatin, jadi pemain yang ga kejebak offside lari ngejar bola.
    Tapi kadang hakim garis kurang jeli juga, sih.

    ReplyDelete
  4. terus terang saya kurang tau tentang offside ini mas, kalau begitu enaknya pemain merah di belang aja dan gak usah dikejar yang ada di depan kiper itu biar offside. hehee

    ReplyDelete
  5. wah kalau penyerangnya ga jeli baca peluang bisa offside terus ni kalau nyerang.....kapan golnya kalau gini?

    ReplyDelete
  6. offside tuh sering membuat ribut kalau lagi main sepak bola mas, Wasit mengira itu offside, pemain gak terima, suporter ga terima "mereka bilang bukan offside" akhirnya ribut deh tuh. Apalagi udah gol terus di anulir gara gara offside. Sakitnya tuh dimana-mana

    ReplyDelete