Apa Yang Harus Lakukan Ketika Sakit Maag Kambuh

Apa itu Penyakit maag?

Apa penyebabnya?

Lalu apa bagaimana cara mengatasinya?

Penyakit maag terjadi disebabkan karena meningkatnya produksivitas asam lambung. Penyakit ini merupakan penyakit yang umum, khususnya dikalangan para pelajar atau anak kos di Indonesia tidak sedikit yang pernah mengalaminya. Bukannya meledek tapi saya sendiri pernah punya riwayat penyakit maag dulu saat masih ngekos pas saat saat masih kuliah. Oke deh langsung saja apa saja yang harus lakukan dan dihindari ketika sakit maag kita kambuh.

1. Hindari makan makanan yang bermiyak, bersantan, dan pedas

Saat maag kita sedang kambuh, usahakan jangan makan makanan yang banyak mengandung minyak dan bersantan contohnya gorengan, kari ayam, soto, dan lainnya, serta jangan sekali kali makan makanan yang pedas ini dilarang karena makanan tersebut akan sulit dicerna oleh lambung dan alhasil perut kita akan semakin perih pastinya.

2. Pebanyak konsumsi pisang

Dulu saat maag saya kambuh saya sering makan buah pisang dan menjaga pola makan saya, setidaknya bisa satu sisir pisang radja saya makan dalam sehari. Buah pisang merupakan sumber vitamin c yang tinggi, dengan mengkonsumsi buah pisang akan sangat membantu proses penyembuhan penyakit maag.

3. Banyaklah minum air putih

Penyakit maag kita kambuh biasanya terjadi ketika kita telat makan, maklum anak kos uang jajannya pas pasan. Nah bila sudah kambuh jangan lupa untuk perbanyak minum air putih, minum air putih disini dilakukan ketika kita sudah selesai makan, supaya rasa mual dalam perut tidak timbul.

4. Kurangi minum kopi dan merokok

Saya akui saya adalah pecinta kopi dan perokok aktif, tapi ketika maag saya kambuh saya akan mengurangi kegiatan tersebut bahkan bisa libur hingga 1 minggu untuk mempercepat penyembuhan.

5. Jangan telat makan pagi

Untuk hal ini jika kamu sudah terkena maag, usahakan jangan sampai telat untuk melakukan sarapan pagi, sarapan pagi kali ini kamu bisa makan bubur ayam yg tidak begitu pedas serta buah pisang. kenapa harus bubur bukannya nasi? soalnya lambung kita sedang infeksi jadi jangan perberat dulu lambung kita untuk proses pencernaan.

Nah demikian tips dari saya jika terkena penyakit maag anak kost, untuk penyakit maag akut atau maag yang sudah parah saya rekomendasi untuk berobat ke dokter spesialis lambung.

2 Responses to "Apa Yang Harus Lakukan Ketika Sakit Maag Kambuh"

  1. Salah satu penyebab maag adalah makan pedas dan kecut, terlambat makan dan saat makan terlalu banyak. Itu yang saya ketahui karena pribadi saya pernah terkena maag. Terima kasih dan sukses buat anda

    ReplyDelete
  2. […] banca juga saat sakit maag kambuh apa yang harus dilakukan […]

    ReplyDelete